Belajar seo terbaru untuk blogger pemula

Belajar seo tentu tidak akan ada batasnya, karena algoritma google yang terus diperbaharui sehingga membuat para pemilik website harus bisa mengupdate berbagai strategi SEO-nya, berdasarkan algoritma google yang terbaru, memperbaharui strategi Seo itu sangat penting. karena jika anda Membuat strategi Seo dengan berdasarkan algoritma lama, tentu saja Anda akan sulit naik peringkat di hasil pencarian Google. Alasannya tentu saja karena algoritma lama sudah tidak lagi relevan.

Agar anda bisa memperbaharui strategi Seo sesuai dengan algoritma yang terbaru, maka saya menyediakan artikel ini khusus bagi para pemula yang ingin mempelajari teknik teknik SEO. Di dalam artikel ini anda akan menemukan semua hal tentang Seo dan berdasarkan algoritma terbaru dari Google, Anda akan menemukan mulai dari konsep dasar SEO One Page sampai dengan Off Page.

Belajar seo terbaru untuk blogger pemula

Teknik belajar Seo terbaru di tahun 2020

Demi untuk mempermudah anda memahami artikel ini Saya membagi artikel belajar Seo WordPress ini menjadi beberapa bagian utama yaitu:

  1. Konsep dasar seo
  2. Cara optimasi website atau blog
  3. Melakukan riset dan membuat konten
  4. Optimasi Seo on page
  5. Optimasi Seo off page

Agar tidak terlalu panjang mengenai pembahasan belajar Seo pada artikel ini Mari langsung saja ke pembahasan inti,

Konsep dasar seo

Sebelum anda memulai cara mempelajari optimasi sel alangkah baiknya anda sedikit memahami apa itu tentang sel dan apa konsep dasarnya terlebih dahulu.

Sebetulnya SEO adalah salah satu langkah penting untuk melakukan optimasi yang biasanya dilakukan oleh pemilik website dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian Google. Mengapa Para pemilik website terus berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil tertinggi pada pencarian Google.?

Tentu saja Alasannya karena setiap orang atau pengunjung tidak akan peduli dengan apa yang ada di halaman kedua pada hasil pencarian Google, sebagian besar dari para pengguna internet yang melakukan pencarian di halaman Google mereka hanya membuka website yang ada di halaman pertama hasil pencarian. Dari penelitian yang dilakukan infron WebWorks, bahwasanya halaman pertama dari hasil pencarian Google mendominasi traffic yang sangat besar bahkan hingga mencapai angka 91,5%.

Mau tidak mau, jika halaman website anda ingin mendapatkan traffic organik yang sangat tinggi tentu saja halaman website Anda harus bisa muncul di halaman pencarian Google. Yang menjadi pertanyaan Bagaimana cara Google untuk menentukan halaman website yang mana yang layak untuk ditampilkan di peringkat teratas pada halaman mesin pencari.?

Sebetulnya tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana cara Google menentukan peringkat tersebut, namun beberapa pakar Seo profesional telah merumuskan beberapa indikator yang paling utama dalam bidang SEO di Google, dengan indikator-indikator ini tentu akan membantu para pengelola website agar mereka bisa memenangkan persaingan di halaman pencarian Google,

Apa itu seo dan cara penerapan seo terbaru

Melakukan optimasi website

Sebagai langkah yang pertama dalam melakukan optimasi website di bidang SEO yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara mengoptimasi website anda terlebih dahulu. Jika website yang anda buat belum di optimasi SEO tentunya ini akan menjadikan langkah-langkah anda untuk melakukan optimasi Seo ke langkah selanjutnya

Optimasi kecepatan website

Yang paling utama, Tentu saja Anda harus mengoptimasi kecepatan website yang anda miliki, karena jika loading website Anda lambat ini akan memper buruk pengalaman pengunjung website anda, dan akibatnya. Tentu saja mereka cenderung akan lebih cepat pergi dan meninggalkan website Anda sehingga meningkatkan Bounce rate.

Loading website Anda harus kurang dari 3 detik, karena menurut data Google 53% para pengunjung akan segera meninggalkan website yang memiliki loading lebih dari 3 detik.

Oleh sebab itu Anda harus bisa mengoptimasi website Anda agar memiliki loading yang sangat cepat sehingga pengunjung yang anda akan senang dengan kecepatan website yang anda miliki, di dalam artikel selanjutnya nanti saya akan bahas Bagaimana cara meningkatkan kecepatan website, Oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu berkunjung ke halaman website saya ini untuk mendapatkan informasi terbaru

Cara mempercepat wordpress agar super cepat

Menginstall SSL / TLS

Google telah mengumumkan secara resmi untuk lebih mengutamakan website yang menggunakan SSL/TLS dibandingkan dengan website tanpa SSL dengan alasan untuk memberikan hasil terbaik dan lebih aman kepada para pengguna internet.

Website yang sudah menggunakan SSL dianggap lebih aman, karena semua data transfer yang terjadi di website tersebut telah dienkripsi, terlebih lagi sejak pada tahun 2017 Google Chrome telah memberikan tanda bagi website yang tidak menggunakan SSL sebagai website yang tidak aman. Dan tentu saja ini akan sangat mempengaruhi persepsi pengunjung terhadap keamanan data diri mereka di website milik anda.

Untung saja saat ini banyak sekali penyedia layanan hosting dan domain yang sudah dilengkapi SSL gratis, sehingga Anda bisa memberikan SSL terhadap website milik Anda. Memasang SSL di website sangat mudah sekali Anda bisa mengikuti langkah-langkah di dalam panduan yang sudah saya siapkan sebelumnya

Optmasi perangkat mobilephone

Sejak tahun 2018 yang lalu secara resmi Google telah merilis algoritma mobile first index, dan itu artinya kecepatan loading website anda di perangkat mobile adalah salah satu faktor penilaian SEO. Alasan Google telah merilis algoritma ini yaitu karena semakin banyak pengguna internet yang mengakses melalui smartphone atau perangkat mobile, di Indonesia saja sudah sampai di angka 94% pengguna internet mengakses menggunakan Smartphone.

Jadi melakukan optimasi performa di website Anda agar memiliki kecepatan loading di perangkat mobile bukan lagi sebagai salah satu pilihan, melainkan itu adalah kewajiban bagi para pemilik website. Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform website Anda, tentu Anda bisa memasang beberapa plugin untuk meningkatkan performa website anda pada perangkat mobile.

Plugin wordpress untuk membuat website anda agar mobile friendly

Membuat Sitemap XML dan HTML

Sebetulnya terdapat dua jenis sitemap, yaitu html dan xml. Perbedaannya adalah sitemap html yaitu sebuah sitemap yang hanya dapat diakses oleh pengunjung namun untuk sitemap.xml yaitu sitemap yang biasanya diakses oleh mesin pencari seperti Google.

Fungsi dari sitemap html yaitu untuk mempermudah pengunjung menemukan semua artikel atau halaman yang terdapat di website anda, di sisi lain sitemap.xml yaitu berguna agar website anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan agar lebih cepat terindeks oleh Google. Selain itu dengan adanya sitemap.xml mesin pencari juga akan lebih mudah mendeteksi jika adanya perubahan struktur di website anda

Lalu bagaimana cara memasang sitemap html dan xml..?

Baca : Cara membuat sitemap XML dan HTML di WordPress.

Menggunakan Google Analytics

Google analytics yaitu berfungsi untuk mengidentifikasi dari perilaku para pengunjung website, dengan menggunakan aplikasi ini tentu anda bisa mengetahui aktivitas dari para pengunjung di halaman pertama yang mereka kunjungi bahkan sampai dengan halaman terakhir saat mereka meninggalkan website anda.

Tidak hanya sebatas itu, masih ada berbagai fungsi Google analytics untuk optimasi Seo pada website anda dan berikut ini diantaranya fungsinya :

  1. Mengidentifikasi performa halaman website
  2. Bisa Mendeteksi Perangkat apa yang digunakan oleh pengunjung
  3. Mengetahui sebaran lokasi dari para pengunjung
  4. Bisa mengetahui rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung website anda
  5. Mendapatkan berbagai banyak Data lainnya

Anda juga bisa mendapatkan berbagai data mengenai performa website Anda secara lebih detail dengan hanya menggunakan Google analytics. Dan data tersebut nantinya bisa anda gunakan untuk memperbaiki strategi Seo website anda. dengan begitu anda tidak harus membuat strategi yang hanya berdasarkan asumsi, namun anda bisa menggunakan data yang lebih akurat berdasarkan data yang anda miliki di Google Analytics.

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara memasang Google analytics, Anda bisa mendapatkan panduanya secara lengkap dengan membaca artikel yang berjudul

Cara menggunakan Google analytics

Memasang Google Search Console

Selain Google analytics, Tentu saja Anda juga memerlukan Google Search console, ini tentu berbeda dengan Google analytic. dengan menggunakan Google Search console anda akan mendapatkan data yang lebih detail mengenai performa website anda di hasil pencarian Google secara organik.

Selain untuk mengidentifikasi performa blog atau website Anda secara organik. Google Search console juga sangat berguna untuk hal-hal yang lain seperti berikut ini :

  1. Bisa mencari tahu sumber inboud link atau backlink
  2. Bisa mendeteksi broken link
  3. Bisa melakukan submit sitemap website anda
  4. Dan mengidentifikasi masalah keamanan terhadap website

Jika anda belum tahu bagaimana cara memasang Google Search console, Anda bisa mengikuti panduannya di halaman

Panduan Lengkap Menggunakan Google search console

Menggunakan Yoast SEO

Sebetulnya banyak sekali plugin Seo yang bisa anda gunakan untuk Website WordPress Anda, Namun plugin yang sudah terbukti dan memiliki kualitas serta performa yang baik dan ini sangat saya rekomendasikan untuk anda, yaitu plugin Yoast SEO. Saya sendiri sangat merekomendasikan plugin Seo yang satu ini untuk anda gunakan pada website anda.

Plugin ini memiliki berbagai fungsi atau fitur untuk melakukan optimasi Seo pada website anda dan berikut adalah beberapa fitur yang bisa anda manfaatkan,
Submit sitemap xml
bisa menambahkan focus keyword atau kata kunci pada konten yang anda buat
Bisa mengubah title atau judul dan meta description
Melakukan verifikasi Google Search console
Mampu menganalisis sebaran keyword yang ada pada artikel anda

Tentu saja plugin Yoast Seo ini akan sangat membantu anda untuk mengoptimalkan penerapan Seo pada website Anda secara maksimal. Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk memasang plugin yoast Seo pada website anda

Update : Cara memasang Yoast Seo Pada WordPress

Melakukan Riset Keyword dan Membuat Konten Yang Berkualitas

Setelah anda selesai mengoptimasi website Anda. kini saatnya anda untuk mulai memikirkan cara membuat konten yang memiliki kualitas baik di website anda. Konten yang berkualitas adalah salah satu kunci utama untuk bisa meningkatkan performa dan peringkat anda di mata pencarian Google search engin. ini adalah salah satu cara belajar seo yang harus anda lakukan.  Lalu bagaimana cara untuk membuat konten yang berkualitas.? anda bisa membaca penjelasnya lebih lengkap dibawah ini

Lakukan Riset Keyword

Salah satu kesalahan fatal bagi pemilik website dan blog yaitu tidak melakukan riset kata kunci untuk membuat konten, sebelum anda membuat konten alangkah baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu, karena rset keyword adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk membuat konten.

Dengan melakukan riset, anda akan menemukan berbagai kata kunci yang paling relevan dengan pembaca blog anda, selain itu anda bisa mendapatkan traffic yang lebih tinggi, namun anda tentu harus mengetahui apa yang paling sering dicari oleh orang-orang dihalaman mesin pencari google, agar anda bisa menemukan kata kunci yang paling tepat

Update : Cara riset keyword untuk membuat konten website berkualitas

Membuat Konten Yang Lengkap dan Solutif

Tentu saja konten yang berkualitas adalah salah satu kunci utama dalam optimasi SEO, tanpa adanya konten yang berkualitas, tentu ini akan membuat anda sulit untuk bersaing dengan blog-blog atau website lainya, lalu konten yang seperti apa yang dianggap berkualitas.?

Google bisa menilai kualitas konten berdasarkan pada kelengkapan isi dari artikel tersebut, apakah isi dan solutif atau tidaknya konten tersebut, dengan semakin lengkap dan solutif maka tentu saja akan semakin besar juga potensinya untuk bisa naik peringkat dihasil pencarian Google Search

Kenapa bisa begitu.? karena Google ingin memberikan hasil dari pencarian yang lebih solutif terhadap para penggunaya, jadi Google akan lebih mengutamakan sebuah konten yang lengkap dan lebih solutif,

Lalu bagaimana cara membuat konten yang solutif.? dibawah ini panduanya, dan silahkan anda pelajari dan pahami

Update : Cara Membuat Artikel Yang Seo Friendly

Membuat Judul Artikel Yang Menarik

Tentu konten yang berkualitas saja masih belum cukup, judul dari kontenpun harus terlihat sangat menarik agar semua calon pembaca anda bisa tergerak hatinya untuk memilih konten anda sebagai referensi, karena di hasil pencarian Google. calon pembaca anda hanya bisa melihat Judul dan Deskripisi singkat dari konten anda saja, tanpa bisa melihat dulu isi dari konten tersebut.

Jadi alangkah baiknya jika anda mampu menarik perhatian para calon pembaca anda dengan cepat, apalagi anda harus bersaing dengan banyak website lain yang serupa, dan tentunya ingin memenagkan calon pembaca, anda bisa membuat judul dan deskripsi secara unik dan bisa menarik perhatian.

Update : Cara membuat judul artikel yang unik dan menarik

Optimasi Seo On Page

Jika anda sudah membuat konten, tentu pekerjaan anda masih belum selesai sampai disini, anda masih perlu untuk mengoptimasi konten tersebut sehingga bisa naik peringkat di hasil pencarian Google, dan langkah-langkah yang akan anda lakukan unuk mengoptimasi artikel atau konten anda adalah SEO On Page

Banyak sekali langkah untuk mengoptimasi SEO On Page, misalnya optimasi permalink, menambahkan media visual, memanfaatkan heading, penggunaan LSI keyword, bahkan sampai dengan mengatur link menjadi open in new tab.  bagi anda yang ingin mendalami cara optimasi SEO On Page, silahkan baca artikelnya

Update : Belajar Seo Cara Optimasi Seo On Page

Optimasi Seo Off Page

Optimasi seo on page saja belum cukup, anda masih perlu untuk melaukan SEO Off Page, agar kualitas SEO dalam website anda semakin mantap dan semakin maksimal, ini tentu sangat berbeda dengan SEO On Page, yang fokus kepada faktor Internal website anda, namun, SEO Off Page, adalah sebuah langkah Optimasi SEO dari faktor-faktor eksternal.

Dan salah satu faktornya adalah backlink atau inboud link. backlink ini masih menjadi salah satu faktor SEO yang penting sampai dengan saat ini. Namun sebetulnya backlink bukanlah satu-satunya faktor SEO Off Page. karena masih banyak faktor-faktor penting yang masih mempengaruhi SEO Off Page pada website anda

Demikian artikel belajar seo untuk pemula ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi salah satu sumber referensi anda untuk belajar seo dan meningkatkan traffic ke blog yang anda kelola saat ini

Beri kami tanggapan