Cara mempercepat website wordpress super cepat

Sejak perubahan algoritma Google, ini sangat berdampak pada beberapa website yang memiliki kecepatan loading sangat lamban. bagi Anda yang ingin mempercepat loading website Anda, silakan anda Simak tips berikut ini :

Seperti yang sudah saya bahas di dalam artikel sebelumnya tentang cara optimasi Seo pada sebuah website, agar website Anda bisa menduduki peringkat pertama di hasil pencarian Google Tentu saja Anda harus bisa mengoptimasi Seo terhadap website yang anda kelola, selain Anda menerapkan optimasi Seo, Anda juga harus bisa menulis artikel yang Seo friendly. ini bertujuan agar artikel Anda mudah terindex dan ditemukan oleh Google serta menduduki peringkat pertama di hasil pencarian.

Website adalah salah satu bentuk penyampaian informasi yang bisa diakses melalui internet, Ini bisa juga anda ibaratkan sebuah lokasi yang ada di internet siapa saja orangnya dan di mana saja mereka berada tentu bisa mengetahui dan mendapatkan informasi yang disampaikan melalui website tersebut. Dan kepuasan pengunjung tentu sangat bergantung pada kecepatan website anda serta informasi yang anda sampaikan melalui artikel yang ada di halaman website Anda tersebut. Semakin lengkap Anda menyampaikan informasi dan bisa menjawab pertanyaan dari pemimpin atau mengatasi permasalahan tentu ini menjadi nilai tambahan bagi artikel dan website Anda diminta pengunjung. Dan besar kemungkinan mereka akan mengunjungi wajib Anda lagi di lain waktu

Cara mempercepat website wordpress super cepat

Cara mempercepat loading website yang menggunakan WordPress.?

Bagi Anda yang saat ini menggunakan blogspot, silakan Anda tutup artikel ini. karena di halaman artikel ini saya tidak akan membahas Bagaimana cara mempercepat loading blog yang menggunakan blogspot. postingan ini dikhususkan bagi para pemilik website yang menggunakan WordPress.

WordPress adalah salah satu platform terbaik saat ini untuk membangun sebuah website yang profesional. dan bisa digunakan untuk berbagai macam website mulai dari blog, toko online, bahkan portofolio. Banyak sekali Para pengembang website yang menggunakan platform WordPress sebagai pilihan mereka. Oleh karena itu WordPress sudah Tidak diragukan lagi jika disebut sebagai salah satu program terbaik saat ini. Banyak sekali para pengguna atau pemilik Persib yang menggunakan di dunia ini.

Cara mempercepat loading website

Jika anda ingin meningkatkan kecepatan loading website anda di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, saat ini WordPress selalu dikembangkan untuk memiliki loading yang sangat cepat tetapi ada beberapa rahasia di bawah ini yang pastinya bisa meningkatkan kecepatan loading dari website Anda berkali-kali lipat.

Pilih layanan hosting terbaik

Hal yang pertama yang harus anda perhatikan untuk mempercepat loading website adalah dengan menggunakan layanan hosting terbaik untuk WordPress, sebab jika Anda menggunakan hosting yang dikhususkan untuk blog WordPress, tentu bisa dipastikan kecepatan website anda akan lebih sangat cepat untuk diakses dari berbagai negara, harga sewa hosting tergantung dari penyedia layanan dan tentunya ini berbeda-beda dari setiap layanan yang menyediakan hosting khusus untuk WordPress.

Menggunakan plugin cache

Banyak sekali plugin yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan WordPress, namun ada beberapa plugin yang dikhususkan untuk mempercepat loading website, diantaranya adalah plugin untuk menyimpan cache dari website atau blog. Anda bisa menggunakan plugin seperti W3 total cache atau plugin WP super cache, plugin ini bisa meningkatkan kecepatan loading website atau blog WordPress Anda secara otomatis

Mengoptimalkan Home Page

Salah satu cara untuk mempercepat loading website yang menggunakan WordPress adalah dengan cara mengoptimalkan homepage, karena bagian homepage adalah salah satu bagian yang paling vital dari situs atau website anda, hal ini karena pengunjung pertama kali akan mengakses web dan tentu saja akan masuk ke bagian homepage.

Usahakan homepage anda memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Menampilkan artikel bukan menampilkan keseluruhan artikel
  2. Batasi jumlah postingan yang ada di home page pada website anda,
  3. Hapus bagian-bagian widget yang tidak penting
  4. Hapus plugin atau tema yang tidak digunakan
  5. Buatlah tampilan website anda seminimalis mungkin, karena tentu pengunjung datang ke website anda bukan karena tampilannya. namun yang mereka butuhkan adalah content dari website Anda tersebut. dan karena hal inilah pengunjung datang ke website anda.

Gunakan tema yang lebih ringan

Tanpa kita sadari, banyak sekali di antara kita yang memilih atau menggunakan tema karena segi visualnya yang lebih bagus dan menarik, yang padahal justru tema sangat berpengaruh pada kecepatan loading website anda, semakin banyak visualnya tentu akan semakin lambat saat loading

Pastikan anda menggunakan tema yang benar-benar cepat dan responsif, banyak sekali pilihan tema WordPress yang memiliki ukuran ringan dan tentunya hal ini akan mempercepat waktu loading di website anda. Jika anda memilih tema yang rumit maka biasanya beberapa fitur yang ada di dalamnya akan membuat kinerja website Anda semakin berat. Jika anda paham dengan coding, tentu anda bisa memilih tema dengan opsi yang paling simpel dan ringkas. namun tetap membuat website anda memiliki loading yang sangat cepat.

Pastikan juga Anda memilih tema yang sudah memiliki fitur responsif karena saat ini tema yang responsif menjadi salah satu pilihan terbaik untuk digunakan pada WordPress, tema responsif ialah tema yang dapat memuat lebih sedikit resources bagi para pengguna smartphone dan mobile Browser. hal ini juga bisa membuat gambar beresolusi tinggi menjadi lebih ringan ketika pengguna membuka website anda di smartphone.

Website yang memiliki tampilan responsif tentu sangat disukai oleh Google, dengan begitu bisa meningkatkan SERP di hasil pencarian Google,

Optimasi gambar yang ada di website anda

Gambar adalah salah satu elemen website yang sangat membutuhkan waktu untuk diakses dan biasanya 65% dari konten website adalah gambar, ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mengoptimasi gambar yang akan anda upload ke website anda.

Yang pertama adalah mencari dimensi gambar yang maksimal untuk thumbnail serta gambar yang berukuran medium dan large, Anda dapat menemukan pengaturan ini di bagian setting tentunya di menu media jika anda mengunggah atau mengupload gambar berukuran 1024px dan area content anda cuma 640px maka gambar tersebut akan direvisi secara otomatis oleh CSS. Tentu saja ukuran yang digunakan untuk me resize gambar akan sangat membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk loading.

Yang kedua Anda bisa perkecil ukuran gambar dengan menggunakan tool atau plugin. maksudnya memperkecil di sini adalah mengurangi ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitas dari gambar. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan tool seperti smush atau tinypng. Atau plugin-plugin lainnya yang ada di WordPress seperti Optimus.

Dan cara yang paling terakhir yang bisa anda lakukan adalah menambahkan lazy loading. tentu saja cara ini sangat bermanfaat sekali Bagi anda yang memiliki website dan memiliki banyak gambar. Gambar-gambar yang ada di website hanya akan muncul ketika mereka muncul di browser pengunjung website dan menggulir halaman tersebut. Bukan ketika halaman di loading. dan tentu saja ini bisa membantu untuk mempercepat loading website anda, akan tetapi ada delay dalam menyajikan gambar ketika halaman tersebut di Scroll ke bawah.

Demikianlah Beberapa tips untuk mempercepat loading website yang menggunakan WordPress Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda untuk mengatasi loading WordPress Anda yang lambat Selamat mencoba dan semoga berhasil

Beri kami tanggapan