Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

Mengelola blog terbilang sangat gampang-gampang susah, karena sebetulnya Ketika anda membangun atau membuat sebuah blog pekerjaan Anda bukan hanya sebatas untuk membuat artikel atau menulis konten yang baik dan berkualitas. Anda juga harus melakukan promosi agar kunjungan ke blog yang anda buat lebih maksimal. Anda tidak hanya bisa untuk menerbitkan konten dan menunggu para pembaca datang dengan sendiri ke blog yang anda buat.

Karena sebagai pemilik blog tentu anda harus bisa melakukan berbagai cara untuk promosi blog agar blog Anda bisa banyak dikunjungi orang lain, Anda harus bisa melakukan promosi konten yang anda buat agar bisa dibaca oleh banyak orang, dalam artikel kali ini saya ingin membahas Bagaimana cara mempromosikan blog di berbagai platform online.

Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

Cara mempromosikan blog agar meningkatkan pengunjung.

Sebetulnya untuk melakukan promosi blog banyak berbagai cara yang bisa anda lakukan, khususnya menggunakan platform online, Misalnya Anda berbagi di sosial media, forum atau komunitas Facebook. dan pada kali ini saya ingin berbagi beberapa cara untuk mempromosikan blog agar mendapatkan banyak pengunjung

Konten harus berkualitas

Perlu Anda ketahui sebelum anda membagikan konten anda di berbagai platform online, terlebih dahulu Anda harus memastikan kualitas konten yang telah anda buat. Kualitas yang saya maksud di sini adalah kualitas baik secara teknis maupun isi yang terkandung di dalam sebuah artikel yang telah anda buat

Hal yang pertama, tentu konten harus memiliki kualitas yang baik secara teknis. kualitas teknis konten ini biasanya meliputi penulisan, pembagian paragraf, penggunaan sub heading, memiliki ketetapan kata kunci, penggunaan permalink bahkan sampai optimasi gambar yang anda sisipkan di dalam artikel.

Memang ini terlihat sangat rumit, apalagi bagi Anda yang masih awam atau pemula dalam mengelola blog.Anda harus bisa memastikan kualitas teknis konten yang telah anda buat untuk menjaga konsistensi semua konten di blog, dengan konten yang terstruktur secara rapi tentu akan lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung anda. Pembaca di blog anda akan lebih mudah menemukan poin-poin penting yang terkandung di dalam konten yang terstruktur secara rapi.

Yang kedua konten yang anda buat harus memiliki kualitas secara isi. Maksudnya konten kualitas secara isi adalah meliputi alur cerita, gaya bahasa, kelengkapan konten, bahkan sampai dengan solutif atau tidaknya konten tersebut. Konten anda akan dinilai sangat bagus jika isi yang terkandung di dalam konten bisa menjawab pertanyaan dan permasalahan para pembaca.

Meskipun anda sudah membuat konten yang terstruktur secara rapi. konten tersebut tidak akan berarti jika anda tidak bisa menjawab berbagai pertanyaan dari pengunjung. Ketika ada seseorang yang mengetikkan sebuah kata kunci di halaman mesin pencari Google, tentu yang ingin mereka dapatkan adalah sebuah jawaban yang pasti dan jelas untuk memecahkan berbagai permasalahan mereka.

Jadi sebelum anda melakukan promosi blog, alangkah baiknya pastikan terlebih dahulu kualitas konten yang telah anda buat, jika konten anda sudah terstruktur secara rapi dan bisa menjawab pertanyaan para pengunjung lakukanlah promosi sebaik mungkin, bisa melalui share ke media sosial atau ke forum-forum yang anda ikuti. Namun jika konten yang anda buat belum memenuhi kriteria tersebut cara promosi apapun yang akan anda lakukan tidak akan membuahkan hasil yang efektif. Jika semua sudah siap dan sudah anda anggap bisa menjawab pertanyaan dari para pembaca Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya untuk melakukan promosi.

Cara mempromosikan Blog anda di forum online.

Forum online adalah salah satu forum yang sangat bagus untuk mempromosikan sebuah blog baru, Namun biasanya platform forum online ini menyediakan forum secara terpisah untuk topik tertentu sehingga dengan begitu Anda bisa mempromosikan blog Anda ke calon pembaca yang lebih spesifik dan lebih berminat untuk membaca artikel yang telah anda buat.

Membicarakan tentang forum online tentunya tidak terlepas dari Kaskus, yaitu sebuah forum online yang paling tertua dan terbesar di Indonesia. Di forum online Kaskus ini Anda bisa menemukan berbagai forum online dengan topik yang beragam mulai dari topik teknologi, olahraga, otomotif, kecantikan, kuliner, hingga topik wisata. semua sudah lengkap Anda hanya perlu fokus untuk mempromosikan blog yang anda buat,

Aktif di berbagai grup yang ada di Facebook

Berbagai artikel atau konten yang anda buat di beranda atau linimasa itu tentu saja tidak cukup. Anda juga harus mendekati calon pembaca di lingkungan yang umumnya lebih kecil lagi misalnya yaitu di grup Facebook, untuk cara mempromosikan blog anda di grup Facebook tentu sangatlah mudah, tidak jauh berbeda dengan forum online lainnya, bahkan terbilang sangat jauh lebih mudah dari forum lainya. Dengan anda mempromosikan di grup Facebook. ini bisa memungkinkan anda untuk lebih dapat menjangkau para calon pembaca yang sesuai dengan minat mereka,

Silahkan anda ketik kata kunci yang berkaitan dengan topik yang anda buat di blog Anda pada Kolom pencarian yang ada di Facebook, selanjutnya pilih filter Grup agar Facebook bisa menampilkan grup yang berkaitan dengan topik pada blog anda, jangan sampai Anda membagikan artikel di grup yang bukan pada tempatnya atau berlawanan dengan topik grup tersebut.

Ketika anda bergabung di salah satu grup yang ada di Facebook, Anda harus bisa mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh admin grup tersebut, karena setiap grup memiliki aturan masing-masing. ada saja admin yang tidak memperbolehkan para anggotanya untuk berjualan di grup, atau ada juga anggota harus memposting dengan format tertentu, Oleh sebab itu Anda harus bisa mengikuti berbagai peraturan yang telah ditetapkan oleh admin group, agar anda tidak dikeluarkan dari grup Facebook yang anda ikuti,

Berbagi konten di Instagram Story

Saat ini pengguna Instagram di Indonesia memiliki peringkat terbanyak ke-4 terbesar di dunia. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia per bulan November tahun 2018 yang mencapai 60 juta pengguna. Dari para pengguna Instagram tersebut kebanyakan berasal dari kalangan usia muda yaitu 18 hingga 34 tahun.

Menyikapi fakta di atas tentu akan membuat Anda tidak bisa mengabaikan media sosial yang satu ini, karena menurut saya saat ini Instagram sudah bisa kita sebut sebagai ladang untuk mempromosikan apa saja dan bisa digunakan oleh siapa saja untuk mempromosikan produk mereka. Termasuk Anda yang ingin mempromosikan blog yang telah anda buat agar mendapatkan kunjungan banyak. Dan salah satu fitur yang paling menarik di aplikasi Instagram ini adalah Instagram Story.

Saat ini algoritma feed Instagram sudah berubah, mereka bisa mengikuti apa saja yang sering dilihat dan disukai oleh para penggunanya. Dan akibatnya seringkali postingan yang ada di Instagram Anda Terlewatkan oleh followers anda. Namun anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara menggunakan Instagram Story

Untuk melihat Instagram Story, para pengguna akan mengklik salah satu Instagram Story dan secara otomatis Akan berpindah dari Story yang satu ke Story yang lainnya. Dengan begitu walaupun pengguna tidak mengklik Story yang anda buat, Ada kemungkinan Story anda akan tetap bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Pin konten anda di blog pinterest

Sebetulnya masih banyak cara untuk melakukan promosi blog yang bisa anda lakukan namun cara ini biasanya seringkali terabaikan oleh blogger, padahal pinterest adalah platform online dengan jumlah pengguna yang sangat banyak yaitu hampir 250 juta orang dan memungkinkan penggunanya untuk mencari dan menyimpan berbagai ide mereka dari berbagai macam topi secara online.

Memang jumlah pengguna pinterest tidak sebanyak pengguna Instagram atau pengguna Facebook yang sudah mencapai 1 miliar pengguna. Namun menurut saya platform ini tentu tetap layak untuk anda gunakan sebagai sarana media promosi online blog yang anda buat.

Pinterest membantu para pembaca Anda agar bisa menyimpan artikel yang anda buat untuk dibaca di lain waktu, Selain itu pinterest juga memiliki fitur board dimana fitur ini khusus untuk menyimpan artikel-artikel para pengguna yaitu Pin Now dan Read Later.

Mungkin itulah berbagai cara untuk mempromosikan blog Anda agar mendapatkan banyak kunjungan, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat dan bisa menambah wawasan bagi anda khususnya yang masih pemula, jangan lewatkan artikel lainnya dari blog ini dengan cara berkunjung di lain waktu atau bookmark blog ini di browser anda. Anda juga bisa berlangganan atau bergabung dengan forum kami dengan cara mengisi form yang telah disiapkan di blog ini. silahkan Anda masukkan nama dan email anda untuk bergabung bersama kami.

Beri kami tanggapan