Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog

Blog pribadi ataupun blog perusahaan tentu semua membutuhkan artikel untuk diposting secara teratur, artikel yang diposting juga bukan sembarangan artikel, namun artikel yang diposting harus memiliki kualitas secara kaidah penulisan dan harus dapat memberikan performa terbaik di hasil mesin pencarian Google. Dengan begitu penulis blog pribadi ataupun blog perusahaan harus bisa menguasai Bagaimana cara menulis artikel yang ramahseo atau memiliki artikel yang seo friendly.

Jika Anda menggunakan blog dengan platform WordPress, memang ada berbagai plugin yang bisa membantu anda untuk mengelola SEO di blog yang anda miliki, namun tentu jika anda menggunakan plugin saja tidak cukup, anda adalah seorang penulis. Maka anda juga harus memahami bagaimana caranya menulis artikel yang bagus dan baik agar bisa muncul di halaman pertama pada hasil pencarian Google. tentu Anda tidak akan selamanya bergantung kepada sebuah Plugin,

Lalu Kenapa Anda harus repot menguasai Bagaimana cara menulis artikel yang Seo friendly.? Tentu anda harus menguasai teknik SEO karena cara menulis artikel biasa saja tentu tidak cukup. Dengan artikel yang SEO Friendly tentu artikel anda akan semakin mudah untuk menduduki posisi di halaman pertama hasil pencarian Google.

Jika artikel anda sering berada di halaman pertama Google, itu akan semakin bagus untuk kualitas dari blog atau website yang anda kelola. Dengan begitu blog anda akan semakin banyak pengunjung dan semakin banyak pula traffic yang berdatangan dan tentunya semakin mudah untuk dimonetisasi dengan Google Adsense sehingga Anda bisa menghasilkan uang dari setiap postingan yang anda tulis,

Sebetulnya Anda bisa saja Menulis artikel yang sangat bagus tanpa perlu memperhatikan SEO, namun cara tersebut tidak bisa menjamin artikel yang telah anda tulis bisa berada di hasil pencarian Google apa lagi halangan pertama. Dan di dalam artikel ini saya akan membahas cara sederhana Bagaimana menulis artikel yang Seo friendly, dan tentunya mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Google

Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog
Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog

Cara menulis artikel SEO Friendly

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menulis artikel agar Seo friendly, artikel ini akan memandu Anda bagaimana cara menulis artikel yang Seo dengan mengikuti 17 langkah mudah yang bisa anda terapkan untuk menulis artikel

  1. Menggunakan kata kunci yang besar kemungkinan banyak dicari oleh audiens anda
  2. Pastikan artikel yang telah anda buat bisa menjawab pertanyaan dari para pembaca
  3. Menggunakan fokus keyword secara wajar atau tidak berlebihan
  4. Artikel Anda harus memiliki naik kelayakan untuk dibaca
  5. Memanfaatkan link internal dan eksternal
  6. Perhatikan bagian elemen penting dari blog anda
  7. Lakukan optimasi pada gambar yang ada di blog anda
  8. Update artikel secara konsisten
  9. Gunakan sudut pandang Anda secara unik
  10. Buat struktur artikel
  11. Pastikan anda Menulis artikel memiliki banyak kata yang optimal
  12. Perhatikan bagian pembuka dalam artikel anda
  13. Memanfaatkan heading dan subheading
  14. Gunakan paragraf singkat

Dari beberapa poin yang saya Tuliskan di atas, anda bisa menjadikan pedomann Sebagai panduan dasar untuk membuat artikel yang Seo friendly, agar anda bisa lebih memahami langkah-langkahnya akan dibahas di dalam artikel ini, dan berikut ini pembahasan secara rinci dan lebih mendalam Bagaimana anda bisa membuat artikel yang baik dan benar dengan berdasarkan kaidah SEO yang telah ditetapkan oleh Google.

Gunakan Keyword Yang Paling Banyak Dicari Audiens

Langkah yang harus anda lakukan sebelum Menulis artikel di blog yang anda kelola adalah menentukan kata kunci atau keyword yang kemungkinan banyak dicari oleh audiens anda. Oleh sebab itu anda perlu memahami Siapa audien anda, siapa yang akan membaca blog anda, sehingga dengan begitu anda akan mengetahui target keyword, yang kemungkinan biasa mereka ketikan di halaman pencarian Google

Setiap jenis industri atau perusahaan tentu memiliki karakteristik konsumen yang berbeda-beda, konsumen di berbagai jenis industri yang berbeda tentu kemungkinan besar juga menggunakan kata kunci yang berbeda-beda.

Agar lebih jelas kita ambil sebagai contoh dari 2 jenis industri yang berbeda, misalnya perusahaan otomotif dan kosmetik. Tentu saja perusahaan otomotif akan lebih banyak menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan otomotif, misalnya sparepart, modifikasi motor, tips cara merawat motor dan mobil. Hingga jenis tren otomotif lainnya. Begitu juga dengan perusahaan kosmetik, mereka akan lebih cenderung untuk menggunakan kata kunci misalnya seperti cara merawat kulit, Cara terlihat awet muda dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu pastikan anda bisa menyesuaikan kata kunci yang akan anda gunakan di artikel blog, dengan kata kunci yang besar kemungkinan digunakan oleh pembaca atau audiens anda, karena jika anda salah menggunakan kata kunci Tentu saja Ini hanya akan membuang-buang waktu anda saja.

Lalu bagaimana cara menentukan sebuah artikel dengan kata kunci yang layak untuk digunakan di artikel yang akan Anda tulis,? Di sini anda bisa memanfaatkan formula yang akan saya Tuliskan di bawah ini agar mempermudah pekerjaan Anda untuk menentukan kelayakan dari sebuah kata kunci.

  1. Pastikan kata kunci anda memiliki volume yang sangat banyak di halaman pencarian Google, untuk melakukan cek kata kunci Anda bisa memanfaatkan berbagai situs yang salah satunya adalah ubersuggest. Anda bisa menggunakan situs tersebut untuk mengetahui volume pencarian kata kunci yang akan anda Tentukan,
  2. Anda harus bisa mengetahui apa yang ingin dicari oleh para pembaca dan tentunya terkait dengan kata kunci yang akan dituliskan di mesin pencari Google,
  3. Pastikan anda memiliki Sumber data yang sangat cukup untuk menyanyi berbagai artikel yang muncul di halaman pertama dari hasil kata kunci pencarian tersebut, agar blog Anda bisa menduduki peringkat pertama

Artikan artikel Anda bisa menjawab pertanyaan dari para pembaca

Tentu saja Google bisa mengetahui para pencari artikel anda bisa puas atau tidak dengan hasil pencarian menggunakan beberapa indikator, misalnya dengan cara mereka menghitung waktu yang dihabiskan untuk membaca artikel di halaman blog anda dan apakah artikel yang anda buat tersebut dibagikan atau tidak oleh para pembaca.

Semakin banyak waktu yang mereka habiskan untuk membaca artikel yang ada di blog anda, dan semakin banyak pula blog Anda dibagikan oleh para penulis tentu ini menandakan bahwa artikel yang ada di blog anda telah memenuhi ekspektasi dari para pengunjung, Oleh sebab itu Usahakan Anda membuat artikel yang sangat lengkap agar bisa menjawab pertanyaan dari para pengunjung blog anda.

Jika artikel yang telah anda tulis bisa memenuhi ekspektasi dari para pencari, tentu Google akan memberikan poin tambahan untuk artikel yang telah anda buat,

Gunakanlah fokus keyword secukupnya

Memang Anda bisa menggunakan fokus keyword sesuai dengan keinginan anda untuk mendapatkan rangking tertinggi di halaman mesin pencari Google. Namun bukan berarti Anda harus mengulang ulang fokus keyword atau bahkan berlebihan. Justru jika Anda menggunakan fokus keyword secara berlebihan ini akan menurunkan kualitas dan artikel yang terbuat.

Perlu Anda ingat, Anda Menulis artikel untuk dibaca oleh manusia bukan untuk dibaca oleh robot, Oleh karena itu struktur penulisan juga harus disesuaikan dengan akal atau logika manusia. Namun anda juga perlu memperhatikan kata kunci atau SEO pada artikel yang anda buat tersebut, agar anda bisa menduduki peringkat tertinggi di halaman pencari Google.

Lalu Apa yang harus anda lakukan agar artikel yang anda buat tetap enak dibaca oleh pengunjung, namun tetap bisa Berada di posisi teratas di hasil pencarian Google.?

Anda hanya perlu menulis sesuai dengan logika manusia, ketika anda sudah selesai Menulis artikel, Anda bisa membaca ulang dari awal sampai dengan perspektif mesin pencari. Dan pada akhirnya Anda harus mengutamakan perspektif para pembaca blog anda, karena pada akhirnya manusialah yang akan membaca artikel yang telah anda buat.

Artikel yang anda buat harus layak dibaca

Dalam menulis sebuah artikel tentu membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Agar setiap artikel yang kita buat sesuai dengan kaidah penulisan yang benar, dengan artikel yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan itu artinya menunjukkan bahwa tingginya profesionalitas dari blog yang anda kelola, baik itu blog yang dikelola oleh individu maupun blog yang dikelola oleh perusahaan.

Idealnya memang Anda memerlukan seorang editor yang bertugas untuk memeriksa artikel yang telah selesai anda buat, namun jika anda tidak memiliki seorang editor profesional yang bertugas untuk memeriksa artikel anda tentu masih ada cara lain yang bisa anda lakukan.

Caranya adalah, setelah anda selesai Menulis artikel. silahkan istirahatkan terlebih dahulu fikiran anda beberapa jam, dan kemudian Anda bisa meluangkan waktu untuk meneliti kembali artikel yang telah anda buat sebelumnya,

Selain dengan cara itu, Anda juga bisa meminta bantuan dari teman atau keluarga anda untuk membaca kembali artikel yang telah selesai anda buat sebelum mempublikasikannya. Anda bisa meminta pendapat mereka Apakah artikel yang anda buat layak dibaca dan dipahami atau tidak.

Gunakan masukkan saran dan kritik, dari teman anda untuk memperbaiki artikel yang telah anda buat, sehingga artikel anda benar-benar memiliki kualitas yang baik dan mudah dipahami oleh manusia.

Memanfaatkan link internal dan eksternal

Dalam sebuah artikel yang akan diterbitkan secara online, terkadang sangat diperlukan untuk menggunakan Link, entah itu link eksternal maupun internal. Sebetulnya fungsi dari Link yang ada di artikel yaitu untuk memberikan penjelasan yang lebih lanjut kepada para calon pembaca terkait dengan topik utama yang ada di artikel anda.

Link Internal artikel yaitu sebuah Link yang merujuk kepada salah satu halaman atau artikel yang ada di blog anda sendiri, namun link eksternal berfungsi kebalikan dari Internal, yaitu merujuk ke sebuah website atau blog lain yang digunakan sebagai sebuah landasan atau pernyataan yang anda tulis. Ini biasanya digunakan untuk memberikan sumber dari para peneliti, statistik, atau referensi dari media online lainnya.

Link Internal juga berfungsi untuk memungkinkan para pembaca mengeksplor artikel lain yang ada di blog anda, dengan begitu pembaca tidak hanya fokus membaca artikel utama, melainkan mereka juga bisa membaca artikel yang lain dan ini akan meningkatkan lama waktu yang telah dihabiskan di blog anda, selain daripada itu penggunaan link internal juga ini sangat membantu Google untuk memahami topik yang difokuskan pada blog yang anda kelola.

Dari segi lainnya, link eksternal juga sangat berfungsi untuk meyakinkan para pembaca bahwa anda sudah melakukan riset untuk membuat artikel. Dan anda dapat menyisipkan situs lain di blog anda dan ini akan membantu menaikkan ranking website, selain daripada itu hal ini juga menunjukkan bahwa anda memiliki dedikasi untuk memberikan berbagai pemahaman terbaik untuk pembaca di situs anda, meskipun terkesan Anda harus mengantarkan mereka ke situs yang lain.

Perhatikan elemen terpenting dalam sebuah blog

Banyak sekali elemen-elemen penting dari sebuah blog, komponen di dalam artikel Glow tidak hanya terdiri dari kalimat dan paragraf. Akan tetapi juga melibatkan beberapa komponen teknis yang lainnya misalnya seperti url, judul blog, dan heading.

Apabila anda menginginkan artikel yang anda tulis dapat muncul dihalaman pertama pencarian Google Anda harus mempertimbangkan dan memperhatikan komponen-komponen blog yang telah disebutkan di atas.

Komponen pertama itu url dalam sebuah blog biasanya sistem akan menuliskan url secara otomatis, baik itu menggunakan blogger maupun wordpress, umumnya akan ditulis seperti ini :

https://seo.forbisnis.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly-agar-lebih-mudah-ditemukan-mesin-google

Menurut saya itu terlalu panjang, alangkah baiknya jika kita menggunakan url yang singat dan pendek namun mengandung kata kunci fokus, misalnya seperti
https://seo.forbisnis.com/cara-menulis-artikel-seo

Selanjutnya Anda bisa membuat judul artikel yang lebih menarik dan singkat namun tetap bisa menggambarkan garis besar dari isi konten atau artikel yang anda tulis, setiap Anda menulis judul artikel usahakan untuk menyisipkan fokus keyword atau kata kunci utama yang sudah anda Tentukan dari awal, alangkah lebih baiknya jika kata kunci fokus yang anda terapkan berada di awal judul

Mengoptimalkan gambar yang ada dalam artikel

Gambar biasanya digunakan untuk mengatasi para pembaca agar tidak bosan, apalagi jika artikel yang kita buat terlalu panjang, namun, ada beberapa detail yang perlu anda perhatikan agar gambar di artikel Anda bisa berfungsi secara optimal.

Yang pertama, pastikan anda mengupload gambar yang memiliki nama mengandung kata kunci fokus, Anda bisa mengubah nama file gambar sebelum anda Maksudnya ke dalam artikel yang anda buat. Dan Hal ini tentu akan memudahkan Google untuk menyesuaikan gambar dengan artikel yang telah anda publikasikan

Yang kedua, alt text gambar tidak perlu Anda masukkan fokus keyword atau kata kunci utama yang akan anda gunakan. Fungsinya tentu saja agar mesin pencari Google bisa mendeteksi Apakah gambar tersebut dan teks yang berada di dalamnya sesuai dengan artikel yang anda buat.? Selain itu ketika gambar mengalami Error saat loading maka teks ini akan menampilkan teks yang telah Anda masukkan dan akan muncul sebagai pengganti gambar.

Yang ketiga, Anda juga harus mengoptimasi gambar dengan cara memperkecil ukuran gambar, agar saat loading bisa lebih cepat dimuat dan tampil sempurna, untuk melakukan itu banyak sekali layanan yang menyediakan kompres gambar tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Diantara layanan itu adalah sebagai berikut.

  1. https://compressjpeg.com/
  2. https://kraken.io/
  3. https://tinypng.com/

Unggah konten secara teratur dan konsisten

Menulis artikel dan menguloadnya secara konsisten dan teratur ini akan sangat bermanfaat bagi para pembaca blog anda, karena dengan begitu para pembaca blog anda akan memperoleh berbagai informasi yang aktual dan faktual dari drum yang anda buat,

Selain itu, dengan anda konsisten dan selalu mengunggah artikel, maka blog Anda juga akan terlihat lebih aktif dan tentu saja hal ini akan memberikan sinyal bagus untuk mesin pencari Google. Google akan memberikan nilai tambahan kepada blog yang lebih aktif dibandingkan dengan blog yang jarang update contentnya

Menggunakan sudut pandang yang unik

Dari satu kata kunci tentu memiliki sudut pandang yang berbeda-beda, Anda bisa menggunakan sudut pandang Anda yang unik untuk mengembangkan kata kunci fokus yang akan anda terapkan di dalam sebuah artikel, tentu saja hal ini ini akan menjadi salah satu nilai yang sangat bagus bagi blog anda. Namun Anda harus menemukan sudut pandang yang baru dan tentunya belum pernah digunakan oleh orang lain

Pada umumnya setiap orang memiliki sudut pandang yang sangat berbeda-beda, ada juga yang memiliki sudut pandang yang unik terhadap suatu permasalahan. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan pengalaman pribadi yang sangat berkaitan dengan kata kunci yang akan anda bahas, ini adalah salah satu tips Menulis artikel agar artikel Anda bisa berbeda dan memiliki keunikan tersendiri dalam penyampaian suatu permasalahan

Membuat struktur artikel

Alangkah baiknya sebelum Anda mulai Menulis artikel. terlebih dahulu Anda membuat struktur artikel, secara umum di dalam sebuah artikel ada tiga bagian yang penting, Iya itu prolog atau pembukaan, isi, dan epilog atau kesimpulan. Dengan anda membuat struktur artikel seperti ini tentu akan memudahkan anda untuk menulis sebuah artikel

Selain itu, pembagian struktur di dalam artikel yang sangat jelas juga tentu akan memudahkan para pembaca untuk menemukan apa yang mereka butuhkan, ketika mereka ingin mengetahui kesimpulan dari artikel yang anda buat mereka bisa langsung membaca bagian kesimpulan yang telah anda buat.

Pastikan anda Menulis artikel dengan panjang yang optimal

Menurut pengalaman pribadi, saat terjun ke dunia blogger di tahun 2012 lalu, saya membaca berbagai artikel yang membahas Bagaimana cara menulis artikel yang Seo friendly. Dan setidaknya artikel harus memiliki kata sebanyak 300 kata. Jumlah 300 kata Tentu saja itu angka minimal untuk sebuah artikel untuk sebuah blog. Dan untuk maksimalnya, menurut beberapa ahli menyebutkan menggunakan angka yang berbeda. misalnya menurut orbit media study, rata-rata kata-kata yang ada di artikel dalam artikel maksimal memiliki 1142 kata.

Namun panjang optimal dari sebuah artikel tentu sangat berbeda-beda hal ini tergantung kepada tujuan yang ingin dicapai oleh setiap penulis, jika tujuan Anda membuat artikel untuk berada di halaman pencarian Google, dan menurut CoSchedule setidaknya artikel yang anda buat harus memiliki 2500 kata

Perhatikan bagian pembuka dari artikel yang anda buat

Setelah para pembaca Anda membaca judul artikel yang menarik, tentu tidak serta merta membaca akan membaca secara keseluruhan dari artikel yang anda buat. Pembaca perlu diyakinkan bahwa artikel yang telah anda buat akan benar-benar bermanfaat untuk para pembaca.

Oleh sebab itu, mulailah artikel anda dengan kalimat pembuka yang bisa meyakinkan mereka bahwa artikel yang anda buat akan menjawab semua pertanyaan dan menjawab permasalahan yang mereka hadapi. Anda harus bisa menarik perhatian dari para pembaca Anda mulai dari awal artikel agar para pembaca Anda bisa meneruskan membaca artikelnya sampai dengan selesai.

Memanfaatkan heading dan sub heading

Heading tentunya membantu para pembaca untuk menemukan garis besar atau pokok dalam pembahasan artikel yang dibacanya, dengan begitu para pembaca ini akan meningkatkan kepuasan mereka dan mencari artikel lain yang telah anda buat.

Selain itu heading juga tentu sangat membantu google untuk menemukan pokok pembahasan dari artikel yang telah anda buat sehingga ini akan membantu menaikkan peringkat artikel anda di hasil pencarian google. Kemudian Anda juga bisa memanfaatkan subheading agar turunan dari pokok pembahasan di atas dapat diuraikan secara teratur

Menggunakan paragraf singkat

Salah satu untuk membuat artikel anda menjadi lebih enak ketika dibaca oleh pengunjung yaitu dengan cara menggunakan paragraf singkat, jika anda setidaknya menggunakan kata sebanyak 2500 di dalam satu artikel, tentunya Anda harus bisa menguraikan ke dalam sejumlah paragraf.

Ketika anda menjelaskan atau menguraikannya ke dalam paragraf, usahakan agar setiap paragraf yang anda buat tidak terlalu panjang. Cara menulis artikel secara online tentu sedikit berbeda jika anda bandingkan dengan cara menulis artikel di media cetak, misalnya jika artikel yang ada di media cetak tentu bisa memiliki paragraf yang sangat panjang, namun tidak dengan artikel yang ada di dunia maya.

Kesimpulan

Demikian artikel ini saya tulis, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkanya, dan kesimpulan dari artikel ini bahwasanya Menulis artikel yang Seo friendly hanya membutuhkan dua hal yaitu ketelitian terhadap detail-detail komponen sel dan estetika penulisan di dalam sebuah artikel

Estetika dari penulisan artikel ini yang akan membuat sebuah artikel anda menjadi unik dan bisa berbeda dari artikel lainnya dengan keyword yang serupa

Beri kami tanggapan