Cara membuat wordpress menjadi mobile friendly

Menurut data dari Google 94% konsumen Indonesia mengakses internet menggunakan smartphone pada tahun 2018 yang lalu. Tentu saja temuan ini tidak bisa kita anggap remeh terutama bagi para pelaku bisnis online. Dengan menggunakan smartphone sebagai salah satu perangkat utama konsumen Indonesia. Para pelaku bisnis online dan pemilik website tentu dituntut untuk membuat dan menyediakan website yang mobile friendly.

Selain karena masifnya konsumen di Indonesia yang mengakses internet dengan perangkat mobile, masih banyak alasan yang lain mengapa anda perlu mengetahui dan membuat website Anda mobile friendly, dan in tentu sangat penting bagi para pemilik website,se

Alasan Kenapa Website Harus Mobile Friendly

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa untuk membuat Website versi desktop saja sudah sangat sulit, dan ditambah lagi anda untuk membuat Website anda lebih mobile friendly. Namun jika Anda menggunakan website platform WordPress anda tidak perlu khawatir untuk membuat Website anda menjadi mobile friendly, anda dapat menggunakan beberapa plugin yang akan saya bahas di halaman ini sebagai cara agar wajib Anda lebih mobile friendly.

Di dalam artikel ini saya akan membahas 80gb WordPress untuk mengubah wajib Anda menjadi mobile friendly. Dan Berikut ini adalah daftar plugin yang membuat Anda bisa menjadi lebih mobile friendly :

7 Plugin WordPress Untuk Mobile Friendly

Cara membuat wordpress menjadi mobile friendly

WPTouch

WPTouch salah satu plugin WordPress yang paling populer untuk membuat Website anda lebih mobile friendly, plugin ini akan sangat membantu anda untuk mengubah website Anda lebih mobile friendly tanpa Anda merusak tema dari website WordPress untuk desktop. Selain itu WPTouch juga akan memastikan website anda dengan versi mobile yang lolos dari Google Mobile Test ,sehingga tentu ini bisa meningkatkan ranking Seo terhadap website anda,

WPTouch juga tersedia dalam beberapa versi ada versi gratis dan ada juga versi yang berbayar, namun jika keperluan anda hanya untuk membuat Website anda mobile friendly, dengan fitur-fitur dasar saja maka sudah tentu versi gratis saja sangat cukup. Versi premium dari plugin WPTouch akan memungkinkan anda untuk bisa mengganti font, melakukan pengaturan caching dan support dari developer.

AMP for WP

Plugin yang kedua yang saya rekomendasikan juga tidak kalah populer dari plugin yang pertama, amp fo rwp akan membantu anda untuk membuat Website menjadi lebih mobile friendly. Plugin ini menyediakan berbagai fitur dan diantara salah satu fiturnya yaitu untuk melakukan pengecekan kecepatan tema WordPress yang Anda gunakan, jika tema WordPress yang saat ini anda gunakan belum cukup cepat, maka anda bisa menggantinya dengan tema dari AMP for WP yang tentunya lebih cepat dan responsif.

Sama halnya dengan WPTouch, versi gratis dari plugin AMP for WP juga memungkinkan anda untuk bisa membuat website anda lebih mobile friendly dengan sangat mudah, amp for wp menyediakan dua cara untuk menambahkan fitur premium mereka.

Cara yang pertama tentu anda harus membeli akun premium dengan harga mulai dari 149 dolar per tahunnya, dengan anda memiliki akun premium anda tentu bisa mengakses ke semua fitur dan extension premium yang disediakan oleh plugin AMP for WP.

Dan cara yang kedua adalah Anda membeli fitur atau extension jika anda misalnya membutuhkan 1/2 fitur tambahan tertentu, cara yang kedua ini tentu bisa lebih menghemat biaya yang harus anda keluarkan.

Jetpack by WordPress

Plugin mobile WordPress yang ketiga ini tentu sudah sangat familiar bagi Kebanyakan orang yang menggunakan WordPress, yaitu Jetpack. Jetpack ini lebih dikenal sebagai salah satu plugin all-in-one yang tentunya menyediakan fitur-fitur yang menarik, mulai dari fitur keamanan hingga fitur media sosial untuk WordPress. mungkin sudah banyak orang yang mengetahui plugin ini. Namun belum begitu banyak orang yang mengetahui jika plugin jetpack juga menyediakan fitur tema Mobile friendly untuk kebutuhan WordPress anda.

Anda bisa dengan mudah mengatur tampilan website WordPress anda menjadi lebih mobile friendly, hanya dengan menggunakan menu pengaturan yang ada di Jetpack, Jetpack juga memungkinkan Anda bisa mengatur tampilan mobile website mulai dari menu hingga ukuran gambar. dan kabar baiknya Jetpack tersedia secara gratis untuk semua pengguna WordPress

WordPress mobile pack

Plugin WordPress mobile pack ini menawarkan progressive web app yang tentunya memungkinkan anda untuk bisa membuat website versi mobile yang disesuaikan dengan standar aplikasi Android dan iPhone.

Dengan begitu pengunjung juga bisa menikmati website Anda seakan-akan sedang membuka aplikasi di Smartphone mereka, tema WordPress untuk mobile yang disediakan oleh WordPress mobile pack sangat benar-benar mirip dengan aplikasi yang ada di smartphone.

Plugin WordPress mobile pack juga tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi premium. versi gratisnya hanya mencakup fitur progressive web app, sehingga bisa mengganti font dan warna namun jika Anda menggunakan versi premium-nya tentu anda akan mendapatkan lebih banyak fitur dan banyak pilihan tema serta pengaturan yang lebih leluasa.

WP mobile menu

Adalah salah satu plugin yang sangat tepat jika anda ingin lebih fokus untuk membuat menu yang menarik di website versi mobile, mungkin anda pernah menemukan website yang responsif versi mobile dengan tampilan yang sangat bagus dan cantik serta responsif tetapi sayangnya menunya berantakan

Dan tentu saja menu yang berantakan pada sebuah website versi mobile, bisa membingungkan para pengunjung bahkan bisa membatalkan niat mereka untuk melakukan sesuatu, misalnya membeli produk anda. masalah tersebut bisa anda selesaikan tentunya hanya dengan menggunakan Plugin WP mobile menu.

WP mobile menu juga memungkinkan anda untuk bisa memodifikasi menu yang ada di website tanpa merusak tema aslinya, jadi anda bisa dengan mudah membuat menu dengan efek slide yang sangat halus, icon lebih besar, teks menu lebih jelas, dan tombol yang jelas pula. sehingga dengan begitu pengunjung Anda tidak akan kabur karena kesulitan untuk menemukan menu yang mereka cari

Max Mega menu

Selain WP mobile menu, Max Mega menu juga adalah salah satu alternatif untuk bisa mengatasi permasalahan menu yang ada di website versi mobile. fitur utama dari plugin Max Mega menu yaitu Mengubah menu website anda menjadi sebuah menu yang berfungsi sebagai Mega menu atau menu yang bisa menampilkan semua pilihan halaman website dalam bentuk sub menu.

Ini tentu sangat cocok untuk Website toko online atau bahkan website berita online yang memungkinkan perlu untuk menampilkan berbagai macam pilihan menu. jadi ketika pengguna mengarahkan kursor nya ke salah satu menu mereka juga bisa melihat variasi yang ditawarkan.

Appresser

Jika WordPress mobile back hanya memiliki fungsi untuk membuat Website menjadi versi mobile yang seolah-olah seperti aplikasi yang ada pada smartphone, namun Appresser adalah salah satu plugin yang akan membuat aplikasi smartphone yang sebenarnya.

Plugin ini akan membantu anda untuk membuat Website WordPress anda dalam versi aplikasi yang sangat baik untuk pengguna Android maupun iPhone, namun ini sangat disarankan hanya untuk digunakan oleh para developer yang berpengalaman saja, karena untuk mengoperasikan Appresser ini mungkin terbilang sangat sulit dipahami, apalagi bagi orang yang masih Awam.

Plugin ini lebih mahal harganya jika dibandingkan dengan plugin WordPress kebanyakan. untuk versi termurahnya saja yaitu dibanderol dengan harga 49 dolar per bulannya, namun pada paket yang kedua tentu anda bisa mendapatkan lebih banyak fitur yang menarik seperti layanan geolokasi, media sosial sharing, dan bisa menambahkan admob ads.

Itulah beberapa plugin yang bisa anda gunakan untuk membuat anda lebih mobile friendly, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri, jika anda ingin mendapatkan fitur yang menarik, tentu anda harus membeli versi premium pada setiap plugin yang ingin anda gunakan,

Beri kami tanggapan